Senin, 26 Desember 2011

Gubernur Canangkan Tanam Pohon Terbanyak di Jabar

From : http://de.tk/HZIrk

Avitia Nurmatari : detikBandung

detikcom - Bandung, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mecanangkan kegiatan massal menanam pohon yang dilaksanakan serentak diseluruh kawasan Jabar, Selasa (27/12/2011). Rangkaian kegiatan yang diperkirakan melibatkan lebih dari 3.000 orang ini rencananya akan diproses oleh Museum Rekor Indonesia (MURI).

Acara tersebut merupakan bagian dari pencanangan Gerakan Jawa Barat Hijau Berbasis Sekolah (Green School). Pelaksanaan Green School sendiri akan melibatkan siswa sekolah dan masyarakat di 5.899 desa, 625 kecamatan di 26 Kabupaten/Kota seluruh Jawa Barat.

Acara tersebut dirangkaikan dengan kegiatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI), Bulan Menanam Indonesia (BMN), Kampanye Indonesia Menanam (KIM) serta Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara (GPTP) Tingkat Provinsi Jabar.

Lokasi kegiatan penanaman pohon di lokasi acara mencapai lahan seluas 4 hektar, yang melibatkan 400 staf di lingkup Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Jawa Barat, OPD Kabupaten sebanyak 300 staf, siswa-siswi sekolah sebanyak 2650 orang dan 7 Organisasi Wanita Tingkat Provinsi untuk kegiatan GPTP, 400 penyuluh Pertanian Kehutanan, Masyarakat dan Organisasi Lainnya.

"Kegiatan ini bukan semata seremonial saja, tapi memang dilaksanakan sebagai wujud komitmen masyarakat Jawa Barat yang berupaya terus menerus melakukan kegiatan penghijauan dengan cara menanam dan memelihara pohon. Dengan kegiatan yang bersifat massiv ini diharapkan menjadi pemicu dan pendorong bagi semua pihak untuk terjun langsung terlibat sebagai wujud perhatian pada kelestarian dan keseimbangan lingkungan. Kegiatan ini merupakan terbesar yang melibatkan massa, sehingga wajar bila MURI mencatatnya sebagai rekor kegiatan penanaman pohon," ujar Heryawan dalam rilis yang diterima detikbandung, Senin (26/12/2011).

Lebih lanjut Heryawan menyatakan, dengan melibatkan siswa sekolah berarti akan menanamkan sejak dini kecintaan terhadap lingkungan. Hal ini lanjut Heryawan, perlu didorong terus agar menanam dan memelihara pohon menjadi bagian budaya masyarakat di Jabar khususnya.

“Ini merupakan modal dasar yang sangat besar bagi kesejehtaraan masyarakat Jawa Barat. Karena dengan lingkungan yang terjaga dan lestari maka potensi kekayaan sumberdaya alam tidak akan punah dalam upaya memenuhi kebutuhan hidup dan kegiatan ekonomi lainnya," katanya.

Khusus kegiatan menanam pohon di Sagaranten ini, bibit yang ditanam sebanyak 6000 bibit, dengan jenis kayu-kayuan (Fast Growing Species) antara lain Jabon, Bungur, Surian Putih, Ki Oray, Kayu Manis, Nyatoh, Binar dan Cempaka Kuning.dan Jenis MPTS (Sawo Kecik).

Jumlah tersebut belum termasuk untuk kegiatan menanam di seluruh Kabupaten Kota. Sementara Tim MURI akan melaksanakan Pemantauan dengan mengambil lokasi di Kantor Badan Pelaksana Penyuluh Pertanian dan Kehutanan (BP3K) Kecamatan Sagaranten dengan alamat Desa Datar Nangka Kecamatan Sagaranten Kabupaten Sukabumi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar