Rabu, 05 Oktober 2011

Definisi Singkat Syaraf

Syaraf tersebar di seluruh bagian tubuh, kecuali kuku dan rambut. Syaraf berbentuk seperti serabut-serabut halus yang menghantarkan listrik, tetapi jika diamati lebih teliti lagi, antara syaraf satu dengan syaraf yang lain tidaklah bersambungan, melainkan ada sedikit rongga kecil di antara serabut-serabut tersebut.
Syaraf memiliki sebuah ekor yang panjang dan biasa disebut dengan akson, di akson terdapat rongga-rongga yang disebut Nodus Ranvier dan di ujung akson terdapat beberapa cabang-cabang untuk menghubungkan antara syaraf yang satu dengan yang lain meski tidak sepenuhnya terhubung dan biasa disebut dengan terminal.
Di ujung akson ini terdapat cairan kimia yang akan merubah hantaran listrik atau rangsangan menjadi zat kimia yang nantinya akan dengan cepat diteruskan menuju ke otak, sehingga kita mengetahui adanya rangsangan.
Tetapi, ada beberapa kasus yang aneh menunjukkan bahwa seseorang yang terluka, tidak merasakan luka tersebut sampai ia melihatnya, mengapa? Hal ini mungkin dikarenakan sistem syaraf yang rusak, kemungkinan besar adalah di daerah luka tersebut terjadi, tetapi ada juga kemungkinan salah satu sel syaraf lain yang menyalurkannya ke otak telah terjadi kerusakan.
Hal demikian akan segera diperbaiki oleh tubuh dalam waktu kurang lebih 24 jam jika kita banyak mengkonsumsi sayur dan buah bervitamin tinggi.
Pernakah kamu merasa sakit saat melihat luka tetapi rasa sakitnya hilang ketika kamu mencoba mengabaikannya? Hal demikian terjadi karena sistem syaraf bawah sadar atau yang biasa dikenal alam bawah sadar, mengendalikan alam sadar karena ia lebih kuat, sehingga ketika kita meyakinkan diri kita sendiri bahwa luka itu tidak ada, maka luka tersebut tidak akan terasa perih meskipun masih mengucurkan darah, tetapi hal itu juga tergantung seberapa kuat kamu menggunakan imajinasimu, karena sistem bawah sadar hanya sebagian kecil orang saja yang mampu mengendalikan sebagian kecil dari sistem alam bawah sadar.
:)


By : Kristina Andita Pradani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar