Sabtu, 29 Oktober 2011

Garam

Garam bisa dibilang musuhnya ragi, sebab garam mencegah pertumbuhan mikroorganisme di dalam ragi seperti yang telah dijelaskan tadi.
Selain rasanya yang asin, gurih dan enak, garam bisa menekan pertumbuhan bakteri. Garam amat berjasa dalam makanan, tanpa lauk, nasi dan garam pun enak, tetapi tanpa garam, nasi dan tempe menjadi kurang enak. Kebanyakan makanan tanpa garam pun menjadi kurang enak/ menurun cita rasanya.
Garam dapat:
  1. Membantu pertumbuhan bakteri
Ikan asin dan telur asin adalah dua contoh makanan yang menggunakan garam dalam pengawetannya, karena garam dapat menekan tumbuhnya bakteri sehingga makanan yang diberi garam menjadi lebih awet dan tahan lama
  1. Memantapkan rasa
Ternyata garam tidak hanya berasa asin, melainkan juga gurih, pernahkah kamu mencoba makanan tanpa garam? Rasanya kurang mantap kan?
  1. Memberi rasa asin
Rasa garam yang paling dikenal adalah asin.
Garam memang berjasa dalam melezatkan makanan dan juga adonan, dan garam yang baik adalah garam yang mengandung yodium yang katanya dapat mencerdaskan pikiran, tetapi kebanyakan memakan garam pun juga kurang baik bagi kesehatan karena dapat menyebabkan timbulnya darah tinggi.

:)

By : Kristina Andita Pradani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar