Sabtu, 29 Oktober 2011

Kebersihan Botol Susu Bayi

Bayi yang baru lahir, rentan sekali terhadap virus-virus dan bakteri yang berbahaya, karena daya tahan tubuhnya belum pernah menghadapi viru-virus yang berbahaya tersebut, apalagi belum mendapatkan imunisasi.
ASI memang makanan terbaik bagi bayi yang baru lahir hingga usia 6 bulan maupun lebih, tetapi bagi ibu-ibu yang tidak bisa mengeluarkan air susu, dapat mengganti susu dengan susu sapi khusus bagi bayi.
Salah satu pencegah penyakit pada bayi selain imunisasi dan ASI adalah dengan memulai melalui hal-hal sederhana dahulu, yaitu menjaga kebersihan botol bayi.
  1. Kebersihan botol bayi dapat dimulai dengan mencuci tangan dengan sabun dahulu hingga bersih, sebelum memegang peralatan atau dot bayi.
  2. Yang kedua adalah dengan merebus botol-botol susu yang akan digunakan di dalam air yang mendidih, baik di panci ataupun menggunakan alat perebus botol, tentu saja merebus botol ini tidak saat si bayi meminta susu, tetapi sebelum si bayi meminta susu, agar tidak kewalahan saat akan memberikan susu
  3. Menyimpan botol susu yang telah direbus di tempat yang steril dan usahakan tidak lembab dan tidak terlalu panas, karena suhu udara lembab dapat membuat botol berjamur, sedangkan suhu udara yang terlalu panas dapat membuat plastik botol rusak dan mencemari susu
  4. Menyimpan susu di dalam wadah yang rapat.
  5. Segera mencuci botol-botol bekas susu yang telah habis susunya.
Susu yang dibuat, hanya dapat bertahan hingga 6 jam saja, setelah itu, susu akan basi dan tidak enak rasanya untuk diminum si bayi.
:)

By : Kristina Andita Pradani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar