Rabu, 05 Oktober 2011

Gonorhoe (Kencing Nanah)


Merupakan penyakit berbahaya yang diakibatkan oleh bakteri (Neisseria Gonorrhoea) yang menular melalui hubungan seksual.
Bakteri ini menginfeksi lapisan dalam uretra, leher rahim, rektum, tenggorokan, konjungtiva (bagian putih pada mata) dan dapat menyebar dengan cepat melalui saluran darah sehingga kulit, persendian dan bagian-bagian lain tubuh seperti pinggul dan lama kelamaan akan menimbulkan gangguan pada alat reproduksi bagian dalam seperti rahim dan saluran telur.
Gejala awal pada pria biasanya timbul dalam waktu sekitar 2-7 hari (tergantung daya tahan tubuh) setelah terinfeksi yang berupa rasa tidak enak pada bagian uretra dan beberapa jam kemudian diikuti oleh nyeri ketika mengeluarkan air kecil serta keluarnya darah bersama air kencing.
Sedangkan gejala awal yang terjadi pada wanita terjadi 7-21 hari (tergantung daya tahan) setelah terinfeksi, dan terkadang bisa tidak dirasakan hingga beberapa minggu atau bulan dan baru diketahui jika pasangan hubungan seksualnya tertular. Biasanya hanya bersifat ringan, tetapi dalam beberapa kasus, terjadi juga gejala-gejala yang berat seperti desakan untuk buang air kecil yang berlebihan serta air kencing yang disertai darah, keluarnya cairan dari vagina, rasa nyeri pada saat buang air kecil dan demam, pada wanita, penyakit ini dapat menyerang leher rahim, saluran telur, indung telur dan uretra sehingga menjadi infeksi.
Kencing nanah juga dapat terjadi pada pria homoseksual yang melakukan hubungan seks melalui anus (anal sex), bagian rektum nya lah yang akan terinfeksi oleh virus ini, gejala awalnya adalah rasa sakit pada bagian rektum, nyeri pada saat buang air besar, daerah di sekitar anus akan tampak kasar dan merah serta tinjanya terbungkus oelh lendir dan nanah.
Jika melakukan hubungan sex melalui mulut (oral sex) maka tenggorokan nya lah yang akan terinfeksi oleh Neissera Gonorrhoea dan biasanya akan disebut Gonorhoe tenggorokan (Faringitis gonokokal) yang menimbulkan nyeri pada saat menelan.
Jika cairan yang terinfeksi virus ini terkena mata, maka akan mengakibatkan infeksi luar mata.
Bahkan penyakit ini juga menyerang bayi pada saat proses persalinan sehingga menyebabkan terjadinya pembengkakan pada kedua kelopak mata yang akan mengeluarkan darah dan tampak merah dan jika tidak segera diobati akan mengakibatkan kebutaan.
Penyakit ini dapat disembuhkan dengan suntikan tunggal seftriakson intramuskuler (melalui otot) atau juga bisa dilakukan dengann pemberian antibiotik melalui mulut selama sekitar seminggu. Tetapi jika kencing nanah ini sudah parah, atau menyebar di dalam darah, biasanya akan dirawat di rumah sakit dan pemberian obat melalui pembuluh darah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar