Rabu, 05 Oktober 2011

Mengenal Darah


Darah yang sebagian besar orang tahu adalah berwarna merah dan belum mengetahui bahwa darah tidak hanya sel darah merah saja, tetapi terdapat 3 bagian darah, yaitu :
  1. Eritrosit (sel darah merah)
Eritrosit berwarna merah dan mengandung hemoglobin, memiliki inti sel dan berbentuk bulat pipih, kedua sisinya cekung dan bukan cair seperti yang terlihat oleh mata telanjang.
Eritrosit dalam tubuh orang normal berjumlah 5 juta/mm kubik , eritrosit disusun di sum-sum merah tulang dan berfungsi untuk mengikat oksigen dengan hemoglobin yang dimilikinya lalu menyebarkannya ke seluruh tubuh dan ke otak.
Setelah 120 hari, eritrosir akan rusak dan dirombak ke dalam hati dan limpa, hemiglobinnya dibawa ke hati untuk dijadikan zat warna empedu (bilirubin)
  1. Leukosit (sel darah putih)
Berbeda dengan eritrosit, leukosit tidak memiliki warna tetapi memiliki inti sel dan dapat berubah-rubah bentuk, leukosit dapat bergerak ameboid dan dapat keluar menempus dinding kapiler(diapedisis) untuk melawan kuman-kuman yang ada dalam tubuh, karena kuman tidak selalu berada di dalam pembuluh darah.
Dalam tubuh orang yang normal, terdapat sekitar 8000/mm kubik, tetapi jika ada virus, leukosit diproduksi dalam jumlah yang lebih banyak dan cepat di sum-sum merah, limpa dan kelenjar getah bening, fungsi yang biasa diketahui adalah melawan kuman dan bakteri, tetapi sel darah putih ini juga melawan benda asing yang tidak bersahabat seperti bahan kimia atau obat kemoterapi yang terkadang dilawan oleh leukosit.
Sel-sel darah putih yang mati bersama kuman-kuman yang dilawannya akan membentuk nanah dan sebagian lagi berbentuk dahak yang ada di tenggorokan ketika manusia bangun di pagi hari

  1. Trombosit
Trombosit juga tidak berwarna, tidak berinti, dan bentuknya tidak teratur, jumlahnya dalam tubuh orang normal sekitar 250 ribu/mm kubik dan tempat pembentukannya berada di sum-sum merah tulang.
Fungsi trombosit adalah untuk pembekuan darah pada saat terjadi luka baik di dalam maupun di luar tubuh.
Dan saat luka terjadi, trombokinase dan ionca akan mengubah protombin menjadi trombin yang akan menguraikan fibrinogen menjadi fibrin (benang-benang penutup luka)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar