Jumat, 05 Agustus 2011

Indahnya Istana Air Bersejarah

 (Halaman depan Taman Sari)
Namanya Taman Sari, istana air ini dibangun oleh Sultan Hamengkubuwono 1 sebagai tempat pemandian dan juga pertapaan sekaligus tempat pengintaian dan perlindungan yang di zaman dahulu disebut sebagai "Segaran" atau laut buatan.
(Kolam dari samping)
Air di "Water Castle" ini sangat jernih sehingga dasarnyapun tampak jelas dari pinggir kolam. Di dalam bangunannya, selain kolam, juga ada beberapa tempat ganti dan juga menara yang menjulang tinggi, sehingga dari sana kita bisa melihat keindahan kolem dan daerah sekitar kolam dengan jelas, tetapi berhati-hatilah saat menaiki dan menuruni tangga kayu yang cukup curam dan sebaiknya jangan memasuki daerah yang diberi sesajen.
(Kolam dari atas)
(Depan Lorong)
(Di dalam Lorong sunyi)
Di daerah Taman Sari ini juga terdapat sebuah lorong bawah tanah yang katanya dahulu sebagai tempat perteduhan para pejuang, memang sedikit susah mencapai tempat ini karena letaknya yang tersembunyi oleh beberapa rumah yang terbuat seperti candi.
(Di halaman dasar bangunan pengintai)
Selain itu, ada juga sebuah bangunan yang merupakan titik tertinggi dari daerah kraton tersebut yang dahulu dipakai sebagai tempat pengintaian, bangunan ini sesungguhnya sangat tinggi, tetapi sayangnya bagian tertingginya sudah tidak memungkinkan untuk dinaiki secara aman.
Jalan menuju kedua tempat itu memang rumit, tetapi tenang saja, para penduduk di sana ramah-ramah dan akan membantu jika anda bertanya.
(Pos ronda kampung batik)
Selain pesona tersebut, di Taman Sari ini juga ada kampung yang bernama kampung batik, di sini, banyak turis-turis asing dan dalam negara mencoba membatik, melihat proses batik secara langsung dan juga membeli beberapa souvenir batik dan souvenir lainnya yang cantik-cantik.
Letak Taman Sari ini berada di dekat dua wisata sejarah yang tidak kalah menarik, yaitu 0,5km dari Keraton Ngayogyakarta dan Alun-alun.
Taman Sari sungguh tempat wisata sejarah yang indah yang terletak di dalam benteng Kraton Jogja dan bisa dimasuki dengan murah.
Jika berkunjung ke Jogja, jangan lupakan mengunjungi daerah wisata yang indah ini,
Happy Holiday...
:)

by: Ktistina Andita Pradani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar