Minggu, 27 Januari 2013

Layanan di Internet


Layanan di Internet, postingan ini buat kamu yang baru pertama kali mengenal internet, well, mungkin kamu sudah mengenal internet sejak lama, tetapi pertanyaan-pertanyaan yang ada di benakmu mengenai apa pengertian email, chatting dan news group atau sebagainya mengenai internet masih belum terjawab.
Kelihatannya sepele dan remeh, tetapi bisa jadi meskipun kamu selalu menggunakan layanan ini, ketika ditanyai pengertiannya, masih saja bingung, yah daripada aku basabasi yang lebih bingung lagi, mendingan langsung lihat saja tentang program-program ini:
1. Email
Email merupakan singkatan dari Electronic Mail, sekarang sih tulisan email langsung saja digabung, padahal harusnya ditulis E-Mail (namanya juga perkembangan zaman), dalam bahasa Indonesia, E-Mail artinya surat elektronik, penggunaannya cukup mudah asalkan kita mempunyai akun email.
Email bisa juga dikatakan sebagai fasilitas yang memudahkan komunikasi antara dua orang atau lebih melalui hubungan yang tidak sinkron dan unreal time.

2. Mailing List
Mailing List ini mirip dengan email, Mailing List digunakan untuk menyebarkan informasih secara luas dalam sesama anggota email kita/kelompok yang kita pilih, mirip forum diskusi gitu lah, di Mailing List ini ada forum yang terbuka(bisa dilihat publik secara luas) ada pula yang tertutup(hanya bisa dilihat oleh orang-orang tertentu)

3. File Transfer Protokol (FTP)
Layanan ini memberikan kemudahan bagi pengguna internet untuk bisa mengupload data-data atau file ke internet dan mengunduh file dari internet, simplenya kegiatan kamu seperti upload dan download, merupakan layanan FTP dari situs yang bersangkutan.

4. Chatting
Paling terkenal nih di kalangan remaja zaman sekarang, chatting adalah fasilitas internet yang menghubungkan komunikasi antara dua orang atau lebih secara online.

5. News Group
News Group adalah fasilitas internet yang memungkinkan komunikasi antara dua orang atau lebih secara serempak/dalam waktu bersamaan (real time) fasilitas ini mirip forum diskusi yang nyata, hanya saja tidak bertatap muka secara langsung melainkan bertatap komputer, hehehe.

6. World Wide Web (www.)
Siapa sih pengguna internet yang enggak tahu www? tetapi apa sebenarnya www itu? www merupakan indeks dari sebuah koleksi besar informasi segala macam web, blog, dll dari server seluruh dunia.

7. Telnet
Agak kuno sih, tetapi telnet ini memiliki fungsi yang cukup membantu, yaitu mengambil data dari komputer lain dan memindahkannya ke komputer kita. Telnet juga bisa membuat komputer kita terhubung ke komputer lain yang sedang diambil datanya itu.

8. Gopher
Lebih ketinggalan zaman lagi, fungsi gopher sama dengan telnet, tetapi ia hanya bisa menampilkan text saja dan bukan gambar ataupun audio.

oleh : Kristina Andita P.Kaaro




Silahkan baca Juga :
Kota Smirna, kota yang fanatik pada Roma
5 Mahkluk Mitos/Mitologi
Perang Barathayudha, kisah perang besar dalam pewayangan
Pembungkus dari Daun Pisang
Mengawetkan Brownies

Dari Blog Lain

Galaksi Antannae, galaksi mirip serangga Antannae
Galaksi Komet, galaksi yang menelantarkan bintang-bintangnya
Materi Gelap, materi penyusun alam semesta
5 Pulau Unik Alami di Indonesia
5 Kerusakan Bumi Akibat Benda Langit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar