Sabtu, 05 Januari 2013

Stefano Lilipaly, Sebentar Lagi Ulang Tahun


10 Januari
Tanggal 10 Januari merupakan hari ulang tahun dari Stefano Lilipaly yang lahir di tahun 1990, dia adalah pemain sepak bola Belanda yang memiliki garis keturunan dari Indonesia lho! Hebat ya…
Saat ini dia bermain untuk Almere City di Eredivisie. Dia pernah mewakili Belanda U-15 hingga U-18, namun berkeinginan membela timnas senior Indonesia. Dia biasa berposisi sebagai gelandang serang.

Stefano Lilipaly
Pemilik nama lengkap Stefano Janite Lilipaly ini memiliki ayah(Ron Lilipaly) yang merupakan orang Indonesia sementara ibunya(Adrianna) adalah warga Belanda, Stefano sudah mulai bermain sepak bola sejak umur 7 tahun di klub amatir DCG. Dia sempat pindah ke tim junior AZ Alkmaar sebelum bergabung dengan tim junior FC Utrecht.
Sejak tahun 2009 dia berhasil mendapatkan tempat di Jong FC Utrecht, tim junior level kedua di bawah tim senior. Di musim pertamanya di Jong FC Utrecht, dia sukses mencetak 8 gol, termasuk satu gol di pertandingan debutnya.
Sabtu 6 Agustus 2011 merupakan hari bersejarah bagi Stefano Lilipaly. Pemain calon naturalisasi yang mengidolakan Andres Iniesta ini menjalani laga perdana di liga utama Belanda, de Eredivisie. Bersama klubnya FC Utrecht ia bertandang ke VVV Venlo yang berakhir imbang tanpa gol. Walaupun baru diturunkan di menit 77' namun Stefano sangat gembira dengan penampilan perdananya.
Dia pernah membela Belanda U-15 hingga U-18, namun menyatakan lebih memilih Indonesia untuk level senior.
Tetapi di tahun 2012 yang lalu, Stefano Lilipaly menolak kontrak dari FC Utrecht dan menemukan klub baru bernama Almire City, Lilipaly merasa kurang mendapat kepercayaan di skuat utama Utrecht sehingga mempertimbangkan tawaran klub lain, seperti dari Belanda, Skotlandia, dan Belgia. Pilihan akhir ditetapkan pada Almere, klub termuda profesional Belanda itu.
Lilipaly dikontrak hingga Juni 2014. Kepastian kontrak baru itu membuatnya satu tim dengan pemain berdarah Indonesia lainnya, Leroy Resodihardjo.

Akhir-akhir ini
Well, PSSI sekarang pun sedang meminta kehadirannya di Indonesia, tetapi ia masih tersandung masalah paspor. Kabarnya dia membutuhkan waktu yang agak banyak(ribet maksudnya) untuk mengurus paspor, jadi dia mungkin tidak bisa ikut melawan Irak pada 6 Februari 2013. Lilipaly baru bisa memperkuat timnas saat melawan Arab Saudi pada 22 Maret 2013
Namun, gelandang klub Eerste Divisie (Divisi Dua Belanda), Almere City ini tidak bisa tampil untuk Indonesia, karena tidak mendapat izin dari klubnya untuk mengikuti pemusatan latihan jangka panjang. Sedangkan Eerste Divisie kembali bergulir pada 18 Januari 2013 setelah libur musim dingin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar