Jumat, 25 Januari 2013

5 Makhluk Mitos/Mitologi


5 Makhluk mitologi, kali ini aku akan membahas tentang tujuh dari sekian-sekian makhluk mitologi yang mungkin pernah kamu dengar. Yang dimaksud makhuk mitologi adalah makhluk yang diceritakan di beberapa legenda rakyat, atau bahkan katanya sih tidak hanya legenda... apa kamu pernah lihat sendiri slah satu makhluk dari ketujuh makhluk ini? check it out :)
1. Samael
Samael adalah seorang malaikat kematian, terkadang digambarkan sebagai tengkorak yang membawa scythe, ia dulu adalah malaikat Tuhan yang dipercaya, dia dikatakan adalah seorang malaikat yang berkelahi dengan Yakub, dan malaikat yang memegang tangan Abraham saat akan mengorbankan Ishak anaknya, tetapi kemudian menjadi iri pada manusia dan menjelma menjadi ular naga bersayap yang sering mengganggu manusia, atau muncul dalam bentuk-bentuk lain, dan inti dari 'tugasnya' adalah sebagai malaikat kematian

2. Elf
Elf adalah makhluk yang lahir dari mitologi Jerman. Elf biasanya berwujud manusia yang sangat kecil dan biasanya mempunyai tugas sebagai dewa kesuburan, Elf sering digambarkan berparas wanita cantik atau pria yang tampan (contoh :) di Lord of The Ring ) mereka tidak pernah tua (tidak berarti abadi) dan memiliki kekuatan sihir untuk membantu alam, Elf yang mati akan berkumpul di Rumah Mandos, mirip surga gitulah. Elf diceritakan sebagai ras yang lebih dahulu ada daripada manusia dan lebih unggul dibanding dengan manusia. Elf, bersama-sama dengan manusia dan Dwarf, merupakan penghuni dunia fiksi Dunia Tengah yang baik; selain ketiga ras utama tersebut, banyak pula ras-ras "jatuh" yang merupakan pengkorupsian dari ketiga ras ini.
Menurut Silmarillion, Elf merupakan "anak pertama" Arda (dunia), yang telah ada selama jangka waktu yang sangat lama sebelum manusia ("anak kedua") diciptakan.

3. Chrysaor
Pernah mendengar nama ini?? Hehehe, kayaknya sih ada di cerita "Percy Jackson" nah, ternyata Chrysaor adalah saudara dari Pegasus, dikatakan dalam legenda, bahwa Pegasus dan Chrysaor tidak akan lahir sebelum Perseus memenggal kepala Medusa(perempuan berkepala ular) yang adalah ibunya, jadi Chrysaor ini anak dari Poseidon dan Medusa, rumit yah ceritanya?
Chrysaor digambarkan sebagai seorang prajurit yang gagah berani dan memegang pedang (terkadang tombak) emas.

4. Siren
Dalam mitologi Yunani, Siren atau ‘’’Seirenes’’’ (bahasa Yunani: Σειρῆνας) adalah makhluk legendaris, termasuk kaum Naiad (salah satu kaum nimfa yang hidup di air) yang hidup di lautan. Mereka tinggal di sebuah pulau yang bernama Sirenum Scopuli, atau menurut beberapa tradisi berbeda mereka tinggal di tanjung Pelorum, pulau Anthemusa, pulau Sirenusian dekat Paistum, atau di Capreae, yang mana semuanya adalah tempat-tempat yang dikelilingi oleh batu karang dan tebing.
Siren sering digambarkan sebagai putri duyung(karena terjemahan yang membingungkan, habis kata-katanya mirip) yang membawa alat musik dan bernyanyi super merdu serta tidak hanya memikat hati melainkan pikiran, mirip dihipnotis gitulah.

5. Garuda
Wih, lambang negara Indonesia nih! Garuda sebenarnya adalah mitologi Hindu, Garuda dianggap kuat, sakti dan baik hat. Garuda digambarkan sebagai manusia burung dengan bulu keemasan, dan memiliki mahkota di kepalanya. Konon ukuran tubuh garuda sangatlah besar sehingga mampu menutupi matahari. Garuda juga sering digambarkan sebagai kendaraan Vishnu. Menurut Mahabarata, konon saat Garuda lahir dari telurnya, bumi gonjang ganjing sehingga para dewa memohon padanya untuk tenang. Garuda adalah anak Kasyapa dan Vinata.

disusun oleh : Kristina Andita P.Kaaro

Tidak ada komentar:

Posting Komentar