Minggu, 30 Desember 2012

Atlas, Dewa Penopang Langit


Atlas, pernah mendengar kata Atlas? Atlas yang akan kubahas ini mengenai dewa Atlas, bukan Atlas yang peta dunia itu lho!
Dalam mitologi Yunani, Atlas memiliki 3 saudara, yaitu : Prometheus, Epimetheus, dan Menoetius yang memiliki orangtua bernama Lepeteus atau Iapetos(Titan) dan Asia atau Klyménē (Κλυμένη)(salah satu dari 300 anak perempuan Titan Oceanus)
Atlas menikahi Pleione dan memiliki tujuh orang anak yang disebut Pleiades.
Ia dihukum oleh Zeus berdiri di bagian barat Gaia (Bumi) dan memegang Uranus (langit) pada bahunya. Terdapat miskonsepsi bahwa Atlas terpaksa memegang Bumi pada bahunya, tetapi hal ini tidak benar. Seni klasik menunjukan Atlas memegang bola langit, bukan dunia. Dan beberapa cerita juga mengatakan kalau Atlas dihukum untuk menopang langit bukan bola langit dipuncak sebuah gunung.
Awalnya, Atlas dipasangkan dengan Pheobe dan memerintah di Bulan,

Hukuman Atlas
Kok Atlas bisa dihukum? Hal ini dikarenakan Atlas dan saudaranya, Menoetius memihak kepada para Titan(raksasa-raksasa yang melawan dewa) pada saat perang melawan 12 Olympians atau yang biasa dikenal dengan sebutan 12 dewa yaitu : Zeus, Hera, Poseidon, Demeter, Athena, Hestia atau Dionysus, Apollo, Artemis, Ares, Aphrodite, Hephaestus dan Hermes.
Namun para Titan beserta sekutunya kalah melawan para dewa ini dan banyak diantara mereka termasuk Menoetius dipenjarakan di Tartarus(Τάρταρος, dari  τάρταρον merupakan penjara yang gelap, sempit, mengerikan, pokoknya yang enggak enak gitu lah di dekat underworld untuk para terhukum yang melebihi batas), tetapi Zeus mengambil Atlas dan menghukumnya untuk berdiri di sisi barat bumi dan menyangga bola langit di bahunya.

Perkembangan Cerita
Beberapa waktu kemudian, berkembanglah cerita mengenai Atlas, yaitu ketika Perseus menggunakan kepala Mendusa(Dewi ular) dan mengubah Atlas dan lain-lain menjadi batu sehingga ia selalu berdiri tegak.
Mungkin kamu pernah mendengar tentang kisah raja pertama Atlantis yang bernama Atlas, beberapa sumber mengatakan bahwa Atlas tersebut adalah anak dari Poseidon(dewa laut) dengan seorang manusia.

Anak-anak Atlas

  • Dari Hesperis : Hesperides
  • Dari Pleione : Hyades(terdiri dari anak-anak perempuan yang bertugas menurunkan hujan), Hyas, Pleiades(7 orang anak)
  • Dari sumber lain : Calypso, Dione, Maera


Silahkan Baca Juga
House of Wisom Baghdad, perpustakaan yang hilang
Pergamus, kota bersejarah yg menjadi tahta iblis
Tentara Pembela Tanah Air(PETA)
Perang Bharathayudha, kisah perang besar dalam pewayangan

Dari Blog Lain:
White Hole, lubang pemberi material dari antah berantah
Nebula, Awan Indah Tempat Pembentukan Bintang
Materi Gelap, Materi untuk Menyusun Alam Semesta
Semua Orang Dipanggil, Sedikit yang Dipilih
Belajar dari Apolos

Tidak ada komentar:

Posting Komentar