Jumat, 02 Agustus 2013

Sirens, pemikat roh para pelaut

Pernah mendengar tentang sirens? Dalam legenda Yunani (Greek mythology), Sirens digambarkan sebagai mahkluk cantik yang berbahaya, mereka menarik mangsanya, yaitu para pelaut dengan memperdengarkan suara merdu mereka sehingga para pelaut pun akan tertarik untuk mendekat ke pulau berbatu karang dan akhirnya terdampar.
Dalam puisi Romawi kuno, pulau tempat para Sirens ini dinamakan Sirenum Scopuli, Sirens ditemukan dalam banyak kisah Yunani, terutama dalam Odyssey karya Homer. Jumlah dari Sirens ini belum diketahui secara pasti, akan tetapi ada beberapa sumber yang menyebutkan bahwa nama mereka seperti nama gadis, yaitu : Terpsikhore, Melpomene, Sterope, atau Chthon. Mereka dianggap anak-anak perempuan dari dewa sungai Achelous.
Sirene menggabungkan perempuan dan burung dengan berbagai cara. Pada awal Sirens seni Yunani yang direpresentasikan sebagai burung dengan kepala perempuan besar itu, bulu burung dan kaki bersisik. Kemudian, mereka direpresentasikan sebagai sosok perempuan dengan kaki burung, dengan atau tanpa sayap, memainkan berbagai alat musik, khususnya kecapi.
The Sirens bisa disebut Muses dari dunia bawah, Walter Copland Perry mengamati: "Lagu mereka, meskipun tak tertahankan manis, tidak kalah menyedihkan dari manis, dan tersusun baik tubuh dan jiwa dalam kelesuan fatal, pendahulu kematian" Jane Ellen Harrison mencatat dari  'The Ker sebagai Sirens' : " Sungguh aneh dan indah  membuat para Siren menarik bagi roh, bukan daging"
"Mereka adalah makhluk mantic seperti Sphinx dengan siapa mereka memiliki banyak kesamaan, mengetahui baik masa lalu dan masa depan," kata Harrison (seorang pengamat). "Lagu mereka berlaku pada tengah hari, dengan tenang tak berangin. Akhir dari lagu itu adalah kematian."

Once he hears to his heart's content, sails on, a wiser man.
We know all the pains that the Greeks and Trojans once endured
on the spreading plain of Troy when the gods willed it so—
all that comes to pass on the fertile earth, we know it all!

Silahkan Lihat Juga
Perjanjian Saragosa
Undang-Undang Gula (Suiker Wet)
5 Kota Hilang yang ditemukan
Candi Ratu Baka, kraton yang terlupakan
5 Makhluk Mitos/Mitologi
Pergamus, kota bersejarah yang menjadi tahta iblis

Dari Blog Lain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar