Jumat, 25 November 2011

Sakit Maag


Sering kita mendengar kata sakit maag dan iklan-iklan produk untuk mengurangi rasa sakit maag tersebut, sesungguhnya apa itu sakit maag?
Sakit maag adalah terkelupasnya lapisan mukus yang melindungi lambung dari asam lambung atau HCL, tanpa lapisan ini, asam lambung yang awalnya bertujuan untuk menghancurkan makanan, akan menghancurkan lambung dan menimbulkan rasa perih yang luar biasa, sehingga para penderita sakit maag harus meminum obat yang dapat melindungi lambung dari asam lambung meski hanya sementara, karena tidak ada yang sesempurna ciptaan alami dari Tuhan.
Kenapa seseorang bisa terkena maag?
Yang biasa diketahui masyarakat adalah karena telat makan, sesungguhnya tidak hanya telat makan saja, tetapi juga pola makan yang tidak teratur.
Jika seseorang terkena sakit maag karena telat makan, ini berarti lapisan mukusnya rusak akibat produksi asam lambung yang sudah kian tinggi, tetapi tidak digunakan untuk mencerna makanan.
Jika seseorang terkena sakit maag karena pola makan tidak teratur, ini berarti produksi asam di lambung menjadi kebingungan menentukan kapan waktunya memproduksi banyak(saat mencerna) dan kapan waktunya memproduksi sedikit(saat tidak makan/makan camilan), sehingga pada waktu harus memproduksi sedikit, asam lambung yang diproduksi banyak dan pada waktu memproduksi sedikit, asam lambung dipaksa memproduksi banyak, hal ini lama kelamaan akan merusak lapisan mukus yang berharga tersebut.
Cara mencegah penyakit maag:
  1. Makan dengan pola makan yang teratur
  2. Jangan telat makan
  3. Jangan makan terlalu kekenyangan
  4. Untuk camilan, sebaiknya waktunya renggang antara cemilan satu dengan yang lain
Jika membiasakan diri dengan pola hidup benar, maka tubuh pun sehat
:)

By : Kristina Andita Pradani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar