Jumat, 25 November 2011

Kidung Jemaat


Judul : Kidung Jemaat
Penulis : Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia
Tahun terbit : 1984
Penerbit :Yayasan Musik Gereja
Sekarang, Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia


Buku kidung jemaat yang telah diterbitkan beberapa tahun silam(1984) ini ternyata membawa banyak manfaat bagi orang-orang Kristen untuk memuji Tuhan, buku ini bermula dari Yayasan Musik Gereja (nama waktu itu) yang ingin mengembangkan nyanyian puji-pujian yang berasal dari bahasa Inggris dan bahasa-bahasa lainnya untuk diberikan kepada masyarakat agar dapat memuji Tuhan dengan baik.
Meskipun buku ini telah lama, bukan berarti buku ini telah usang, melainkan tiap-tiap hari, kegunaannya semakin luar biasa mengubahkan hidup orang-orang Kristen yang membacanya melalui puji-pujian yang terkandung di dalamnya.
Selain nyanyian pujian, di dalam buku ini juga terdapat kesepuluh firman Tuhan di bagian depan dan juga doa Bapa Kami beserta Pengakuan Iman Rasuli di bagian belakang buku Kidung Jemaat ini.
Buku ini mencoba untuk menyajikan puji-pujian penyembahan yang bisa dipakai hingga masa ini. Bahkan buku ini memiliki puji-pujian untuk penyembahan di siang hari, di malam hari, di pagi hari dan di petang hari. Juga memuat puji-pujian untuk pergantian tahun dan pujian untuk musim dan panen.
Secara garis besar isinya dapat dituliskan sebagai berikut : Menghadap Allah, Pelayanan Firman, Respons Terhadap Pelayanan Firman, Pelayanan Khusus, Waktu dan Musim, Penutupan Ibadah, Hidup Beriman Sehari-hari dan Haleluya, Amin dan lain-lain
Kidung Jemaat ini memiliki urutan-urutan dalam lagu-lagunya yang bertitik tolak dari unsur ibadah jemaat dan juga not angka yang ada di atas pujian. Untuk menambah pilihan nyanyian, dicantumkan suatu penunjuk nyanyian di bagian akhir buku.
Menurut saya pribadi, buku ini benar-benar bermanfaat sekali untuk dibaca, ditambah dengan not-not angka piano yang ada di atas tulisan-tulisan/pujian yang memudahkan saya untuk bermain piano.
Dapat Diperoleh di toko Buku Rohani terdekat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar