Selasa, 20 September 2011

Partikel yang Amat Sangat Kecil

Ternyata atom bukanlah pertikel yang paling kecil dari suatu benda!
Pada saat pelajaran fisika, kita mengetahui bahwa atom terdiri dari tiga unsur, yaitu elektron, proton, dan neutron. Nah, tentu saja partikel-partikel tersebut jelas lebih kecil dari pada atom bukan?
Proton dan neutron berada di inti atom(nukleus), sementara Elektron berada di lintasan luar atom.
Orang yang menemukan gagasan ini adalah JJ Thompson pada tahun 1897 dan ia menemukan bahwa di dalam atom terdapat sesuatu yang lebih kecil yang dikenal sebagai elektron.
Kenudian disusul oleh Ernest Rutherford yang mengemukakan bahwa dalam atom, ada hal lain dalam inti atom yang dikenal sebagai proton.
Tahun 1932, murid dari Rutherford, James Chadwick menemukan adanya partikel netral di dalam inti atom yang bernama neutron.
Setelah tahun 1930, pengetahuan partikel semakin berkembang, manusia semakin penasaran untuk mengetahui atom dengan lebih detail lagi dan ditemukannlah beberapa partikel-partikel, antara lain : neutrino, muon, dan pion.
Pada tahun 1963, Murray Gel-Mann dan Georg Zweig seorang fisikawan Amerika mengemukakan bahwa elementer seperti proton dan neutron tersusuan dari kuark dengan berbagai kombinasi (up, down, strange, charmed) dan ukuran kuark tersebut 1000 kali lebih kecil dari pada proton dan bermuatan sepertiga hingga dua pertiga proton

Tidak ada komentar:

Posting Komentar